5 Manfaat Air Wudhu untuk Kesehatan

manfaat wudhu

5 Manfaat Air Wudhu untuk Kesehatan Tubuh

Wudhu merupakan ibadah pembersihan diri yang biasa dilakukan oleh umat Islam sebelum sholat. Wudhu ini juga menjadi salah satu simbol kebersihan kaum Muslimin. Minimal mereka melakukan ini sehari 5 kali, mengiringi kewajiban sholat 5 waktu.

Di dalam berwudhu umat Islam pada umumnya harus mengetahui syarat wudhu dan rukun wudhu. Sebab salah satu konskuensi jika syarat atau rukun tidak terpenuhi maka wudhu bisa dianggap tidak sah.

Selain bernilai ibadah di sisi Tuhan, wudhu juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan jasmani. Apalagi wudhu ini dilakukan saat pagi, siang, sore dan malam hari atau mencakup sehari semalam.

Orang yang sering melakukan wudhu juga tampak lebih berbinar-binar wajahnya. Tubuhnya lebih rileks karena sering terkena air.

Berikut beberapa manfaat wudhu bagi organ tubuh laki-laki dan perempuan secara umum.

 

1. Air wudhu bagus untuk ginjal

Air wudhu bisa bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam darah yang berasal dari ginjal.

Proses itu bermula ketika air wudhu menyentuh ari kulit, maka kelenjar keringat yang menyeliputi kulit akan mengambil toksik dari darah ginjal. Kemudian setelah itu kotoran itu akan dibuang melalui bulu kulit.

 

2. Air wudhu baik untuk jantung

Tugas jantung adalah memompa aliran darah hingga ke anggota-anggota tubuh manusia.

Saat anggota itu dirangsang oleh air wudhu, maka jantung akan memompa darah menuju anggota tubuh seperti kepala, tangan dan kaki.

Akibatnya suhu badan akan normal kembali karena basuhan air wudhu.

 

3. Bagus untuk merangsang syaraf pusat manusia

Prof. Leopold warner pernah meneliti bahwa ketika seseorang membasuh anggota tubuh dalam wudhunya, maka hal itu akan merangsang dan menstimulus syaraf pusat yang dimiliki manusia.

Penelitian yang ditemukan oleh pakar ahli Neurolog ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi umat Islam yang merutinkan wudhu minimal sehari lima kali.

 

4. Wajah cerah setelah berwudhu

Bila diperhatikan secara seksama, orang yang sering berwudhu memiliki wajah yang cerah. Hal ini karena anggota-anggota badan itu sering dibasuh air.

Bahkan meskipun kulit tubuhnya hitam, wajah seorang akan tetap terlihat cerah pasca melakukan wudhu.

Noda wajah yang membandel karena aktifitas di luar rumah akan hilang perlahan dengan sering berwudhu. Kotoran ringan di wajah akan tergerus sedikit demi sedikit sehingga wajah bisa bersih.

 

5. Mencegah penyakit gigi dan gusi

Dalam islam ada rukun wudhu dan ada sunnah wudhu. Rukun adalah sesuatu yang harus dilakukan manakala seseorang berwudhu.

Adapun sunnah wudhu adalah hal yang utama bila mampu dilaksanan, andaikan ditinggalkan pun wudhunya masih tetap sah.

Diantara sunnah wudhu adalah berkumur-kumur sebanyak tiga kali. Dengan berkumur inilah kesehatan dan suhu mulut bisa terjaga.

Orang yang melakukan wudhu dengan sempurna menyelami sunnah dan rukunnya lebih sehat daripada mereka yang hanya mencukupkan diri dengan rukunnya.

Sering berkumur-kumur ini juga dapat menghindarkan gigi dan gusi dari kuman dan kotoran ringan.

Sisa-sisa makanan juga hilang dengan memperbanyak kumur. Sebab dzat yang dapat masuk hingga ke sela-sela gigi adalah air. Sementara sikat gigi hanya menjangkau area yang nampak saja.

 

 

Sumber

https://salikun.com/fiqih/syarat-wudhu-dan-rukun-wudhu-ini-penjelasan-detailnya/

https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-air-wudhu/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *