Cara Kerja Kulkas Sehingga Bisa Dingin

Anda ingin tahu tentang bagaimana kulkas bisa dingin? Artikel dari jasa service kulkas berikut akan menyajikan tentang cara kerja kulkas sehingga bisa dingin.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa fungsi kulkas adalah sebagai alat pendingin, baik itu makanan ataupun benda lain yang butuh anda dinginkan. Lalu bagaimana si cara kerja kulkas ini kok bisa dingin hanya dengan menancapkanya pada aliran listrik saja?

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Kulkas?

Artikel ini akan membahasnya dengan singkat. Namun sebelum itu mari kita berkenalan dulu dengan komponen yang terpasang pada kulkas anda sehingga kulkas bisa menghasilkan hawa dingin.

  1. Compressor

berfungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.

  1. Refrigerant

Zat yang berfungsi mendinginkan kulkas, bentuknya bisa berubah dari gas ke cair ataupun sebaliknya.

  1. Kondensor

Alat penukar kalor, merubah merubah gas pada suhu tertentu menjadi cair.

  1. Pipa kapiler

Mengalirkan bahan pendingin ke semua bagian kulkas.

  1. Evaporator

Berfungsi menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin.

  1. Filter

Menyaring kotoran yang terbawa refrigerant saat sirkulasi.

  1. Thermostat

Berfungsi mengotrol suhu, ialah yang memeberi komando pada compressor untuk bekerja sesuai suhu yang anda ingingkan.

  1. Heater

Berfungsi mencairkan bunga es.

  1. Fan motor

Berfungsi menghembuskan angin.

  1. Ptc relay

Berfungsi sebagai penghubung kumparan starting dan running.

Cara kerja kulkas dimulai dari compressor,karna alat ini berfungsi sebagai jantunya kulkas, yakni alat penggerak seluruh kegiata di kulkas. Pada saat dialiri listrik kompresor akan berputar, lalu memberikan tekanan pada refrigerant(bahan pendingin).

Bahan pendingin berwujud gas melewati kondensor dan bila diberi tekanan akan berubah wujud menjadi cair.Lalu refrigerant terdorong menuju pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant (bahan pendingin) akan naik ke evaporator dikarenakan tekanan kapilaritas pipa kapiler.

Saat refrigerant cair berada di evaporator ia akan menguap dan berubah wujud kembali menjadi gas yang memiliki tekanan serta suhu yang sangat rendah. Akibatnya suhu pada evaporator sangat rendah dan ahirnya terkondensi menjadi wujud cair.

Jika kondisi ini terus menerus berulang maka akan timbul butiran- butiran es karena suhu yang sangat rendah. Adanya butiran es ini berasal dari air yang sengaja diletakkan di evaporator.

Demikianlah artikel cara kerja kulkas sehingga bisa dingin. Terima kasih sudah membaca artikel solusimsukses.com ini sampai akhir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang cara kerja kulkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *